Rabu, 02 November 2011

PENUNJANG SENYUM MANIS ANDA :)

PENUNJANG SENYUM MANIS ANDA :) 

Senyum yang indah tak hanya dating dari gigi yang cemerlang. Gusi yang sehat pun salah satu pendukung utama senyum manis Anda.
THE BASIC FACTS
Penyakit periodontal(jaringan atau pendukung gigi, contohnya gusi) berkisar dari pembengkakan gusi sampai penyakit serius seperti perusakan jaringan dan tulang penyangga gigi-sampai akhirnya gigi tanggal.
PENYEBAB
Terdapat dua macam Periodonititis yaitu Periodontitis Marginalis dan Periodontitis Aplikasi.
PERIODONTITIS MARGINALS disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga sehingga timbul karang gigi.
PERIODONTITIS APLIKASI disebabkan oleh lubang gigi yang sudah mengenai pulpa gigi-yang berisi pembuluh darah dan saraf-dan tidak dirawat.
WHAT TO LOOK OUT FOR
KEBERSIHAN MULUT yang kurang baik sehingga timbul karang gigi.
GIGI GOYANG yang terasa sakit pada waktu mengunyah serta terasa ngilu saat gigi atas dan bawah baradu atau bersentuhan.
GUSI BERDARAH dengan mudan dan terjadi pembengkakan.
MEROKOK adalah salah satu pemicu perodontitis, dan dapat juga mengurangi keberhasilan beberapa jenis pengobatan gigi dan gusi.
LUBANG GIGI yang sudah mengenai saraf dapat menyebabkan infeksi dari ujung saraf atau apical ke jaringan periodontal gigi.
STRES terbukti dapat menghambat tubuh melawan infeksi, termasuk penyakit periodontal.
OBAT-OBATAN seperti anti-depresan dan beberapa obat penyakit jantung, dapat mempengaruhi kesehatan mulut karena mengurangi produksi air liur-yang berefek melindungi gigi dan gusi.
SIMPLE SOLUTIONS
PENCEGAHAN
·        Menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menyikat gigi 2 kali sehari dari arah gusi ke gigi sesudah makan dan sebelum tidur.
·        Rutin control ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk mendeteksi dini adanya karies dan pembersih karang gigi.
PENGOBATAN
·        Periodontitis Marginals dapat diatasi dengan cara pembersih gigi(scaling) dan fluoridasi, pada kondisi lanjut dapat dilakukan curettage dan root planning-untuk membersihkan kuman-kuman di sekitar jaringan periodontal dan gigi.
·        Periodontitis Aplikasi dapat diatasi dengan cara membersihkan lubang gigi atau karies dan perawatan saraf gigi(endodontic treatment).
        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar